Senin, 16 Mei 2011

Pertimbangan Pemilihan Topik Penelitian

Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian sebelum memutuskan apakah topik yang akan dipilih diteliti atau tidak antara lain :
Pertama, mengenai keterbatasan waktu. Peneliti harus melihat apakah waktu yang ada cukup untuk meneliti suatu masalah. Waktu juga berpengaruh terhadap jenis penelitian yang akan dilakukan (jenis-jenis penelitian akan dijelaskan lebih lanjut). Jika untuk melakukan penelitian eskperimen mengenai metode simulasi proficiency check controller pengukuran profesionalisme ATC . Penelitian seperti ini tidak mungkin dilakukan dalam waktu yang singkat, mengingat metode simulasi proficiency check controller yang dilakukan tidak mungkin hanya dilakukan pada satu sesi kemudian profesionalismenya diukur. Paling tidak, agar efektif metode simulasi proficiency check controller dilakukan beberapa kali, dan prestasi ATC dapat dilihat pada kurun waktu tertentu (waktu ini pun kemudian harus didefinisikan kembali). Jika waktu yang tersedia memang terbatas, ada baiknya peneliti merubah topik atau merubah metode penelitian yang akan dilakukan.
Kedua, tingkat kesulitan. Peneliti perlu memperhatikan apakah topik yang akan dipilih apakah mudah atau sulit untuk dilakukan. Jika akan meneliti suatu topic yang membutuhkan kuesioner, maka apakah peneliti dapat memberikan kuesioner untuk dijawab ? dapatkah hal tersebut diukur secara tertentu dan terukur? apakah ada factor-faktor yang kurang mendukung ? dan berbagai kendala lainnya. Untuk meminimalisir hal-hal semacam ini, yang perlu dilakukan akan melakukan penelitian awal. Jika memang topik penelitian sulit dilakukan, maka sebaiknya peneliti mengganti dengan topik lain. Kesulitan lain juga datang dari diri sendiri, yaitu penguasaan materi. Untuk meneliti sebuah masalah, peneliti harus menguasai konsep dasar teorinya, sehingga peneliti tau benar apa yang sebenarnya dilakukannya.
Ketiga, ketersediaan subjek. Perlu dipertimbagkan apakah subjek penelitian dapat dengan mudah diperoleh. Apakah subjeknya mudah didapatkan ? jika meneliti pada beberapa organisasi/ instansi/perusahaan sekaligus, maka apakah ijin penelitian mudah didapatkan ? dan apakah subyek yang akan diteliti mau dijadikan subjek penelitian ? Jika subjek yang akan diteliti mudah untuk didapatkan maka topik penelitian dapat dilanjutkan.
Keempat, pengukuran dan ketersediaan peralatan sebagai alat bantu pengukuran (tools). Lalu siapa yang mengukur ? apakah subjek sendiri atau orang lain ?.
Dan terakhir adalah etika. Etika penelitian merupakan sekumpulan aturan mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan penelitian. Tidak membahayakan dan berpengaruh negatif terhadap subjek penelitian adalah salah satu etika penelitian yang harus dijaga. Data penelitian dikumpulkan dari angket, maka sedapat mungkin peneliti harus merahasiakan profil responden karena memuat pendapatnya.

Tidak ada komentar: